MEWUJUDKAN MAHASISWA AKN DEMAK BERJIWA PATRIOTISME SEBAGAI PEMIMPIN MASA DEPAN

 

Berdasarkan latar belakang pentingnya kepemimpinan, maka diadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) karena Kepemimpinan merupakan masalah sentral dalam kepengurusan suatu organisasi, maju mundurnya suatu organisasi, mati hidupnya organisasi, tumbuh kembangnya organisasi, senang tidaknya bekerja dalam suatu organisasi serta tercapai tidaknya tujuan. Organisasi sebagian ditentukan oleh tepat tidaknya kepemimpinan yang diterapkan dalam organisasi yang bersangkutan. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa pemimpin dapat menjalankan kepemimpinannya sehingga tujuan organisasi dapat tercapai karena sebagian besar pekerjaan dilakukan oleh anggotanya, tetapi yang dikenal adalah pemimpin itu sendiri. Dengan memperhatikan definisi dan deskripsi yang ada maka pada umumnya kepemimpinan

diartikan sebagai kemampuan dan kesanggupan menggerakan orang-orang untuk bekerja dan mengarahkannya pada tujuan yang telah ditetapkan.

Sebanyak 48 Mahasiswa AKN Demak mengikuti pelatihan kepemimpinan pada hari Kamis, tanggal 17 November 2016 di Kampus yang dibuka oleh Koordinator AKN Demak, Dr.Trisyono, M.Pd. Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan mahasiswa dipandang sebagai individu yang mau memimpin dalam masyarakat. untuk itu, kegiatan ini sebagai dasar kepemimpinan yang pada saatnya kelak bermanfaat di masyarkatnya.

Kegiatan yang bertemakan “Mewujudkan mahasiswa berjiwa patriotisme sebagai pemimpin masa depan” ini diisi oleh pemateri Drs. Edy Subhan, M.M, serta Mulyo Utomo, S.Pd., M.Pd., M.Kom dengan topik “Pemimpin Nasional yang berjiwa Patriotisme, Solidaritas, Kemanusiaan, dan Bertoleransi”. disambung dengan “Perspektif pemilih pemula dan orientasi politik” oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Demak, Jessy Tri Joeni, S.T., M.M.

Selaku Ketua panitia penyelenggara, Dr. Noer Indah Aprianti, M.Pd menambahkan Pemimpin dan kepemimpinan perlu menumbuhkan sifat dasar dan sifat-sifat tertentu yang sesuai dengan keadaan/kondisi Indonesia yang sedang membangun sesuai dengan tujuan dan cita-cita nasional. Para pemimpin organisasi diera reformasi dihadapkan kepada multi tantangan akibat kesalahan-kesalahan masa lalu. Untuk para pemimpin organisasi sekarang dituntut memiliki moralitas, integritas kepemimpinan professional kompetitif dan daya saing tinggi.

2 thoughts on “MEWUJUDKAN MAHASISWA AKN DEMAK BERJIWA PATRIOTISME SEBAGAI PEMIMPIN MASA DEPAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *