BAKTI MASYARAKAT – MAHASISWA AKADEMI KOMUNITAS NEGERI DEMAK

Dalam upaya perwujudan Tri Dharma Perguruan tinggi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Akademi Komunitas Negeri Demak melaksanakan bakti masyarakat di kampung nelayan Desa Betah Walang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Bentuk kegiatan bakti masyarakat ini adalah pemberian alat tangkap rajungan kepada masyakat dalam upaya peningkatan jumlah hasil tangkapan rajungan oleh nelayan Desa Betah Walang. Dengan meningkatnya jumlah rajungan yang ditangkap, maka perekonomian masyarakat akan semakin meningkat pula.

Sebanyak 21 Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Demak mengikuti Bakti Masyarakat ini pada hari Senin, tanggal 28 November 2016 di Kampung Nelayan Desa Betah Walang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Dalam acara ini, terlebih dahulu dilakukan pembukaan oleh Bapak Dr. Trisyono, M.Pd selaku Koordinator AKN Demak, Ibu Dr. Noer Indah, M.Pd selaku ketua panitia kegiatan Bakti Masyarakat, Choirul Umam selaku kepala Desa Betah Walang. Pada kesempatan ini, beliau bapak Choirul Umam menyampaikan ucapan terima kasih atas adanya perhatian dari Akademi Komunitas Negeri Demak terhadap nelayan yang ada di Desa Betah Walang. Bapak kepala Desa Betah Walang juga berharap adanya sumbangan ide dan gagasan dari semua civitas Akademi Komunitas Negeri Demak untuk pengembangan alat tangkap rajungan yang sudah ada.

Terdapat 35 orang nelayan yang ada di Desa Betah Walang yang diberikan bantuan alat tangkap rajungan dari Akademi Komunitas Negeri Demak. Nelayan di Desa Betah Walang sangat senang dengan diberikannya alat tangkap rajungan tersebut.

Akhir kegiatan Bakti Masyarakat ini, para Mahasiswa dan Dosen Akademi Komunitas Negeri Demak beserta nelayan yang ada di Desa Betah Walang melakukan simulasi penggunaan alat tangkap rajungan di tengah laut. Mahasiswa beserta Dosen yang ada di Akademi Komunitas Negeri Demak berkeinginan untuk melakukan inovasi pada alat rajungan yang sudah ada, agar hasil tangkap rajungan meningkat, sehingga perekonomian nelayan juga semakin meningkat, yang memberi dampak kepada perekonomian Kabupaten Demak secara lebih luas.

One thought on “BAKTI MASYARAKAT – MAHASISWA AKADEMI KOMUNITAS NEGERI DEMAK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *